sso – serba-serbi mengenai ban – 25 agustus 2010

pernahkah anda membeli ban untuk kendaraan anda ?
pernahkah anda mengamati kode-kode yang seringkali tercetak pada dinding atau telapak ban yang anda miliki ?
taukah anda arti kode-kode pada dinding ban tersebut ?

kita perlu memahami kode-kode yang tertera pada ban tersebut, karena dengan mengetahui arti kode-kode tersebut kita bisa memahami karakteristik, kelebihan dan keterbatasan ban yang kita miliki, jadi paling tidak kita perlu memahami kode umum yang paling sering tertera pada dinding ban tersebut.

seperti contoh ban standar kia pride hatchback 2010 :
pada dinding ban tertera kode 195/55/r15 85v, artinya ban tersebut memiliki lebar telapak 195 mm, tinggi dinding ban ( aspect ratio ) adalah 55% dari lebar telapak, kode r mewakili radial, 15 adalah diameter velg dalam inchi, angka 85 mewakili load index atau beban maksimal untuk tiap ban adalah 515 kg dan huruf v mewakili batas maksimum kecepatan adalah 240 km/jam.

kode produksi biasanya juga tertera pada dinding ban, biasanya terdiri atas 4 huruf, 2 huruf mewakili minggu dan 2 huruf lain mewakili tahun.
misalnya tertera huruf 1510, yaitu produksi minggu ke-15 tahun 2010.

seringkali kita temukan gambar arah panah dan tulisan ‘rotation’ pada dinding ban, hal itu untuk menunjukkan bahwa ban tersebut adalah tipe ban rotasi, jadi idealnya ban tersebut dipasang sesuai dengan tanda rotasinya. bila terpasang ke arah sebaliknya, bisa menimbulkan beberapa konsekuensi seperti menurunnya kemampuan menapak pada permukaan basah, meningkatkan friksi antara telapak ban dengan permukaan jalan dll.

mengganti diameter velg dan ban ukuran standar dengan ukuran berbeda juga bisa menimbulkan konsekuensi tertentu, seperti perubahan konsumsi rata-rata bbm, tingkat kestabilan yang berbeda dan perbedaan antara kecepatan riil dengan angka kecepatan pada speedometer ( deviasi angka kecepatan ).

secara umum, penggantian diameter velg yang masih ditoleransi oleh produsen adalah maksimal 2 inchi dari diameter standarnya. misalnya diameter standar velg adalah 15 inchi, maka maksimal diameter yang masih ditoleransi adalah 17 inchi. penambahan diameter yang lebih besar lagi, walaupun mungkin masih bisa dilakukan, tidak direkomendasikan karena bisa mengakibatkan penyimpangan yang sangat signifikan terhadap beberapa hal seperti disebut di paragraf sebelumnya.

penggantian diameter velg, sepanjang masih dalam batas toleransi, masih oke, tentunya bila kita menginginkan adanya peningkatan dalam suatu hal tertentu, tetapi terkadang bisa menurunkan poin lainnya. seperti misalnya pada kia picanto standar, diameter standar velg adalah 155/70/r13, bila diganti menjadi 185/60/r14, maka tingkat kestabilan akan meningkat, lebih meyakinkan bila dibawa melalui jalan-jalan yang berlubang, tampak samping eksterior mobil lebih kekar, tetapi konsekuensi minusnya adalah menurunnya angka konsumsi rata-rata bbm-nya. setidaknya ini yang pernah saya rasakan waktu dulu menggunakan kia picanto.

di bawah ini ada beberapa link yang sering saya jadikan referensi dalam hal mengenai ban :
– info kode ban di wikipedia — http://en.wikipedia.org/wiki/Tire_code
– serba-serbi ban di website produsen ban — http://www.bridgestone.co.id/03_tire_info/01_tire_production_process.php
– kalkulator ukuran ban — http://www.tiresizecalculator.info/
– kalkulator ukuran ban lagi — http://www.kouki.co.uk/utilities/visual-tyre-size-calculator
– info kode produsen ban — http://www.gglotus.org/ggtech/tire-DOTnotes/tirerat.htm
– gear calculator — http://www.izook.com/gearcalc.htm
– complete tire info — http://www.tirerack.com/tires/tiretech/tiretech.jsp

jadi, daripada ditulis panjang lebar disini dan belum tentu benar nulis atau nyonteknya, hehehe…, kalau mau info lebih lanjut mengenai ban, silakan klik link di atas ya…

demikian sedikit info mengenai ban, mudah-mudahan bermanfaat ya, bila ada tulisan yang dianggap keliru, minta tolong koreksinya ya…

trims…

This entry was posted in Otomotif, Serba-Serbi Otomotif ( SSO ) and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to sso – serba-serbi mengenai ban – 25 agustus 2010

  1. muhyil says:

    postingan bagus.. dan bermanfaat.
    terimakasih ya om !

Comments are closed.