personal review nissan new grand livina 1.5 highway star autech mt 2012 – 31 mei 2012

This slideshow requires JavaScript.

setelah beberapa waktu sebelumnya mereview nissan new grand livina 1.5 varian ultimate 2012 bertransmisi otomatis, bisa dibaca di link sbb
http://blog.amzas.com/2012/04/06/personal-review-nissan-new-grand-livina-1-5-ultimate-at-2012-25-maret-2012/
kali ini penulis berkesempatan mereview varian lainnya, yaitu nissan new grand livina 1.5 highway star autech bertransmisi manual rakitan 2012 berwarna hitam di penghujung bulan mei 2012.

di sisi exterior, penambahan sejumlah pernik khusus hasil desain dari autech, terlihat cukup memberikan kesan yang berbeda dibandingkan dengan new grand livina varian lainnya.

tampilan grille depan berbentuk garis-garis horizontal full chrome dengan logo nissan di tengahnya.
bumper depan dan belakang dilengkapi bumper skirt di semua sudutnya dan juga dengan tambahan side skirt di samping badan mobil menambah kesan sporty.
di atas pintu bagasi dilengkapi dengan rear spoiler berukuran cukup ramping.

foglamp berbentuk bulat dengan variasi chrome di sisi bawah rumah foglamp cukup memberikan nuansa berbeda dibandingkan dengan foglamp pada new grand livina varian lainnya.

sentuhan autech juga tercermin pada lingkar velg. bentuk velg berukuran 15 inchi palang 6 dengan variasi lekuk frill bertekstur gun metal di samping tiap palang dan menggunakan ban standar berukuran 185/65r15 bermerk dunlop sp sport 300.

di sisi interior, warna hitam dominan melingkupi kabin, dengan sedikit variasi warna silver misalnya di samping head unit dan di sekeliling ac outlet.
material jok menggunakan pembungkus hi-fabric berwarna hitam.
headunit standar menggunakan ukuran double din dan ditambah dengan 2 buah layar lcd terpasang pada kedua headrest jok depan.
sejumlah titik tempat penyimpanan berada di sekeliling kabin seperti tempat gelas di konsol tengah, glove box pada dashboard sebelah kiri, baik di bagian bawah maupun di bagian atas yang memanfaatkan tempat airbag yang kosong.
meter cluster ( speedometer, tachometer dan petunjuk lainnya ) bernuansa putih, utamanya pada backgroundnya.

roda depan menggunakan rem cakram berventilasi dan roda belakang menggunakan rem teromol / drum.
untuk menambah rasa aman, varian tersebut dilengkapi dengan parking sensor terpasang di bumper belakang.
namun pada varian autech ini, fitur airbag ditiadakan ( airbag pada setir dan dashboard kiri ).

nissan new grand livina highway star autech tersebut menggunakan mesin bertipe hr15de, 4 silinder segaris dohc cvtc 1500 cc ( 1498 cc tepatnya ), berpenggerak roda depan, mampu menghasilkan tenaga 109 ps pada 6000 rpm dan torsi sebesar 15.1 kg-m pada 4400 rpm.
transmisi manual menggunakan 5 tingkat percepatan dan tangki bahan bakar berkapasitas 52.4 liter.

sejumlah foto berikut mudah-mudahan bisa memberikan gambaran lanjut terkait nissan new grand livina 1.5 highway star autech mt 2012 tersebut.

demikian sekilas review singkat mengenai nissan new grand livina 1.5 highway star autech mt 2012, mudah-mudahan bermanfaat…

trims…

note :
terima kasih kepada keluarga bapak timotius atas izinnya untuk me-review nissan new grand livina autech tersebut.

info lebih detail dari agen pemegang merk nissan di indonesia bisa dibaca di link sbb :
http://www.nissan.co.id/id/web/models/GRAND%20LIVINA%20AUTECH/home/hpage.htm

info dari media internet lainnya sbb :
http://www.dapurpacu.com/nissan-grand-livina-highway-star-2012-racikan-autech/
http://otomotif.kompas.com/read/2011/10/04/16011736/Nih.Detail.Nissan.Grand.Livina.Autech
http://auto.ghiboo.com/nissan-luncurkan-grand-livina-autech

personal review mengenai nissan all new grand livina 1.5 xv cvt 2013 bisa dilanjut di link sbb :
http://blog.amzas.com/2014/01/03/personal-review-nissan-all-new-grand-livina-1-5-xv-cvt-2013-28-desember-2013/

Summary
Review Date
Reviewed Item
nissan new grand livina 1.5 highway star autech mt 2012
This entry was posted in Nissan, Otomotif and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

17 Responses to personal review nissan new grand livina 1.5 highway star autech mt 2012 – 31 mei 2012

  1. Met pagi, pak. Velg-nya mirip2 Freed ya? Enkei juga bukan ya?

    • amzas says:

      selamat sore pak…

      iya, sekilas velgnya mirip dengan punya freed, tetapi afaik, kayaknya frill pelapis tiap palangnya lebih tebal yang di autech ini ya, atau bisa juga karena diameter yang milik freed lebih gede ya jadi terkesan lebih ramping, cmiiw tentunya ya pak…

      mengenai merknya, saya sudah coba forward tanyakan ke empunya mobil, soalnya kemarin tidak terlalu memperhatikan merk velgnya karena asumsi saya velg tsb adalah memang velg standar bawaan dari sononya… nanti kalau ada info mengeni merknya saya info-info bapak deh ya, hehehe…

      trims sudah mampir…

      r1

      ________________________________

    • amzas says:

      selamat siang pak eko…

      mau update info pak, untuk velg standar autech tsb sudah dicek tidak ada petunjuk nama / merk khusus pak, hanya ada emboss-an tulisan ‘nissan’ di sisi velg bagian dalamnya…

      trims…

      r1

      ________________________________

  2. Pingback: si hitam grand livina pasang pelapis jok dan karpet dasar – 09 juni 2012 | Arwan's Blog

  3. sutriyan says:

    Mat siang pak…,
    Kenapa pak belum terpasang full anti karat dan protection paint?jadi setiap pembelian unit pasti dikenakan untuk biaya tambahan tsb.

    • amzas says:

      selamat malam pak,

      mengenai komentar dari bapak, pendapat saya secara pribadi kira-kira sbb :

      secara umum, afaik, walau setipis apapun, secara standar pabrikan sudah melakukan pencelupan anti karat pada saat perakitan panel-panelnya dan penambahan paint protection pada bahan-bahan pengecatannya.
      hanya saja, dalam penggunaannya, kondisi lingkungan tiap kendaraan yang beredar kan bisa berbeda-beda ya, jadi ada yang relatif lebih cepat timbul karat ada juga yang aman-aman saja.
      dan juga tingkat keyakinan dan kenyamanan setiap konsumen tentunya berbeda-beda juga, ada yang merasa standar sudah cukup, ada juga yang merasa lebih yakin kalau ditambah anti karat dan paint protection pihak ketiga.

      oleh karena itu, imho, option penambahan anti karat dan paint protection dari pihak ketiga diserahkan sepenuhnya sesuai keyakinan dan kemauan dari tiap konsumennya. selain itu juga alasan supaya harga jual lebih efisien.

      demikian sekedar pendapat pribadi saja ya pak, tentunya cmiiw…

      trims…

      r1

  4. Kendar says:

    Salam kenal pak,….mohon pencerahannya, kami sekeluarga berencana membeli mobil nissan livina, tetapi saat kami bandingkan lebih rinci, untuk variant ultimate 1.5 dan autech A/T 1.5, secara garis besar memiliki kesamaan spesifikasi juga harga yang sama, beda body kitt, side skirt, front & rear bumper (hal biasa untuk model baru), tetapi yang terpenting, ternyata variant autech tidak lagi mengadopsi breaking system ABS+EBD+BA maupun single airbag (hanya ada pada variant autech 1.8), mohon penjelasan apa mungkin ada review tentang kurang lebihnya system ABS untuk variant ini, sehingga menjadi alasan variant baru nissan livina tidak lagi menggunakan system tersebut. Terima kasih sebelumnya.
    Salam (Kendar – Batam)

    • amzas says:

      selamat malam pak, salam kenal juga…

      mengenai alasan varian autech pada nissan new grand livina 1.5 tidak menggunakan tambahan perangkat keamanan tersebut, imho ya pak, pendapat pribadi saja, kemungkinan karena strategi/positioning dalam hal harga, kalau dalam istilah saya pribadi ‘agak kagok’, karena kalau misalnya dilengkapi perangkat keamanan tersebut, bila harganya lebih tinggi daripada ultimate at mungkin dianggap melebihi batas ideal psikologis untuk kapasitas mesin 1500 cc, sedangkan kalau misalnya harganya sama atau di bawah varian ultimate at, tentunya akan ‘mengorbankan’ varian ultimate at tsb ya…
      jadi mungkin diambil jalan ‘tengah’ tsb oleh pihak penjual, yaitu tanpa tambahan perangkat keamanan, dan diberi tambahan sejumlah variasi di bagian exterior ya utamanya.
      jadi mungkin ekspektasinya target pasarnya adalah konsumen yang ingin tampilan luarnya secara standar sudah bergaya autech seperti itu, dan tidak terlalu mengutamakan tambahan perangkat keamanan tsb.

      apakah sudah test drive kedua varian tsb pak ? jadi bisa merasakan sendiri lebih sreg dengan varian yang mana…

      kalau dari sekedar pengamatan saya terhadap 2 varian tsb, terus terang saya lebih sreg dengan varian ultimate 1.5 at-nya malah, karena tambahan perangkat keamanannya itu yang saya lebih sreg, dibandingkan dengan tambahan pernik-pernik exterior, kita bisa tambahkan sendiri kalau memang diperlukan.

      barangkali mau tengok-tengok varian ultimate at, bisa dilanjut di link sbb :
      http://blog.amzas.com/2012/04/06/personal-review-nissan-new-grand-livina-1-5-ultimate-at-2012-25-maret-2012/

      demikian dari saya, sekali lagi ini sekedar pendapat pribadi saja ya pak, tentunya cmiiw…

      trims…

      r1

      • Kendar says:

        Terima kasih atas pencerahannya pak, saya setuju dengan pendapat anda, kl masalah exterior & interior, atau istilah gampangnya hanya “make up”, itu bisa dibuat sesuai selera & kantong kita kali ya, tetapi untuk harga yang sama, otomatis kita akan memilih spec dg tingkat safety yg lebih tinggi, sekali lagi terima kasih dan salam…..

        • amzas says:

          selamat siang pak…

          barangkali nanti jadi meminang nissan new grand livina 1.5 ultimate at-nya, kalau berkenan ikut share kesan dan komentarnya ya pak, tentunya di postingan varian tersebut, di link yang tulis di jawaban sebelumnya. supaya semakin lengkap dan detail review dari masing-masing penggunanya, dan obyektif sesuai dengan apa yang dirasakan dalam pemakaian sehari-harinya…

          terima kasih sudah mampir…

          r1

  5. Stevan says:

    kasih review grand livina HWS autech yg 1.8 dong 🙂 thx

    • amzas says:

      selamat sore pak,

      untuk review ngl hws autech 1.8, sedang dicari dulu pak yang punya unit tsb untuk ‘dibajak’ dan saya review, hehehe…

      trims sudah mampir…

      r1

  6. ahmad says:

    pak saya baru cek ke nissan mereka baru keluarkan tambahan baru baik di ultimate maupun di hws autech, tentu harganya jadi naik. kelebihannya sekarang ultimate dan hws 1.5 pun sudah dual airbag dan abs, pembedanya kalau hws tampilan exterior yang baru sementara ultimate masih lama. sementara di hws blm pakai jok kulit, wood panel dan head rest row 3.
    saran bapak apakah saya pilih 1.5 hws autech atau 1.5 ultimate? mohon info seandainya saya pilih 1.5 hws nantinya menambahkan jok dan panel kira2 akan habis berapa ya? terima kasih

    • amzas says:

      selamat siang pak,

      wah terima kasih sekali atas update infonya ya pak, berarti siap-siap cari 1.5 hws versi barunya nih yang sudah lengkap dengan tambahan abs-nya, atau nanti kalau jadi ambil hws 1.5 versi baru tsb, barangkali berkenan silakan share review pribadi bapak juga ya, untuk melengkapi review yang ada sebelumnya…

      mengenai pilihan 1.5 hws atau 1.5 ultimate, berdasarkan info dari bapak kalau memang di versi baru, keduanya sama-sama dilengkapi dual airbag dan abs, pilihan sih sudah lebih ke selera pembeli nih pak, karena lebih terkait dengan yang sifatnya ‘kosmetik’ sih ya.
      tapi kalau saya pribadi, asumsi keduanya tidak selisih harga jauh, terus terang masih lebih sreg dengan yang ultimate, karena imho, untuk mpv, daripada mempercantik tampilan luar, saya lebih milih untuk membelanjakan anggaran untuk mempercantik/mempernyaman dalamnya, mendingan penumpangnya yang di dalam yang lebih nyaman daripada bikin nengok orang yang liat dari luar, hehehe…

      kemudian mengenai harga asesoris panel itu, maaf saya kurang tau. untuk pelapis jok, afaik, untuk pelapis kulit kira-kira 3.5-5 jt ya, untuk semi kulit mgkin di kisaran 1.5-3 jt, relatif ya pak, tergantung pola dan bahannya juga, cmiiw ya…

      demikian komentar dari saya, terima kasih sudah mampir…

      r1

  7. Anthony says:

    Setau saya untuk HWS 1.5 masih single airbag, namun memang sudah dilengkapi ABS..

  8. atantyo says:

    Sori mas, untuk grand livina hws yg taun 2012 apa di audionya sudah ada colokan Usb yang buat Flashdisk?

    • amzas says:

      selamat siang pak,

      sejauh yang saya ingat, kalau di unit utama ( headunit ) audionya, tidak ada colokan usb untuk flashdisk, saya hanya melihat colokan audio 3.5mm saja. dan untuk menjalankan video, ada unit dvd player dipasang di dalam glove box.

      demikian yang saya ingat, jadi tentunya cmiiw ya… trims…

      r1

Leave a Reply