sso – kalau ada sepasang ban baru, pastikan terpasang di poros belakang – 26 desember 2014

This slideshow requires JavaScript.

suatu ketika mungkin kita perlu untuk mengganti ban kendaraan kita. idealnya kita perlu mengusahakan untuk mengganti keempat ban sekaligus, namun karena berbagai alasan, kita hanya membeli sepasang ban baru saja.
bila kita hanya mengganti sepasang ban saja, sangatlah penting untuk mengetahui pada bagian mana sepasang ban baru tersebut terpasang dipasang pada kendaraan kita.

ada sebuah pemahaman keliru yang hingga kini masih dianggap ‘benar’ atau ‘logis’ oleh berbagai kalangan, yaitu anggapan untuk memasang 2 buah ban baru pada poros depan. sejumlah pertimbangan menjadi pembenaran tersebut, misalnya karena roda depan sangat berpengaruh dengan kemudi, sebagai media akselerasi untuk kendaraan berpenggerak roda depan dan distribusi beban pengereman cenderung lebih besar di bagian poros depan kendaraan sehingga telapak ban di poros depan cenderung akan menipis lebih cepat dibandingkan dengan ban di poros belakang. jadi memasang kedua ban baru di poros depan dianggap ‘benar’ atau ‘logis’, padahal pemahaman tersebut adalah salah dan berbahaya.

pemahaman yang benar mengenai penempatan sepasang ban baru adalah harus dipasang di poros belakang kendaraan atau mobil kita apapun tipe penggeraknya baik penggerak roda depan ( front wheel drive ), penggerak roda belakang ( rear wheel drive ) maupun penggerak semua roda ( all wheel drive ).
hal yang paling penting dari pemahaman tersebut adalah terkait dengan kemampuan telapak ban menjejak atau mencengkeram permukaan jalan terutama pada kondisi basah.

sejumlah poin berikut kiranya bisa memudahkan kita untuk mencerna pemahaman tersebut :
– semakin tipis telapak pada ban maka kemampuan ban untuk menjejak atau mencengkeram permukaan jalan basah akan semakin berkurang, sering disebut dengan istilah hydroplanning atau aquaplanning.

– bila sepasang ban baru dipasang di poros depan dan sepasang ban lama berada di poros belakang, roda belakang akan kehilangan traksi terhadap permukaan jalan atau mengalami gejala aquaplanning pada jalanan basah lebih cepat daripada roda depan, sehingga roda belakang cenderung akan bergerak liar atau ngepot kekanan dan kekiri, sering disebut dengan istilah oversteer.
bila sepasang ban baru dipasang di poros belakang dan sepasang ban lama berada di poros depan, roda depan akan kehilangan traksi terhadap permukaan jalan atau mengalami gejala aquaplanning lebih cepat daripada roda belakang, sehingga mobil akan cenderung terus lurus walaupun roda depan dibelokkan, sering disebut dengan istilah understeer.
dari berbagai pengamatan para ahli, bagi kalangan umum, gejala understeer relatif lebih mudah dikoreksi daripada gejala oversteer.
saat gejala understeer muncul, kurangi kecepatan dengan melepaskan pijakan pada pedal gas, gerakan secara perlahan posisi setir ke arah roda belakang bergerak dan jangan menginjak pedal rem secara tiba-tiba, lalu tunggu hingga roda memperoleh traksi kembali pada permukaan jalan dan kendaraan bisa dikendalikan lagi.

– sebagai pengemudi, kita bisa lebih ‘merasakan’ feedback ketidakstabilan dari roda melalui lingkar kemudi bila sepasang ban lama berada di poros depan, sehingga bisa segera melakukan koreksi atau antisipasi.

beberapa video berikut diharapkan bisa memberikan gambaran lebih jelas mengenai pemahaman yang benar akan posisi sepasang ban baru pada kendaraan…

video 01 :

video 02 :

video 03 :

sejumlah referensi yang bisa dijadikan acuan adalah sebagai berikut :
http://www.tiresafetygroup.com/when-buying-two-tires-instead-of-four-place-the-two-new-tires-on-the-rear/
http://www.michelinman.com/tires-101/buying-tires/how-to-choose/mixing-tires.page
http://www.jeanknowscars.com/you-auto-know/car-maintenance/2-new-tires-put-em-on/
http://www.today.com/money/tire-maintenance-5-tips-stay-safe-road-2D80213764
http://www.ajforeignauto.com/index.php?option=com_content&view=article&id=155:is-it-dangerous-to-put-tires-with-the-most-tread-on-the-front-wheels&catid=7:faqs&Itemid=84
http://blog.allstate.com/new-tires-rear/
http://www.activegreenross.com/completetireandautocentreblog/replacing-two-new-tires-do-they-go-in-front-or-back/
http://www.tirerack.com/tires/tiretech/techpage.jsp?techid=52

demikian informasi yang bisa penulis sampaikan mengenai posisi yang tepat saat memasang sepasang ban baru pada kendaraan, mudah-mudahan bermanfaat…

trims…

 

Summary
Article Name
sso - kalau ada sepasang ban baru, pastikan terpasang di poros belakang - 26 desember 2014
Author
This entry was posted in Otomotif, Serba-Serbi Otomotif ( SSO ) and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.