personal review toyota new yaris j mt 2011 – 22 april 2011

This slideshow requires JavaScript.

akhir-akhir ini semakin banyak berseliweran kendaraan berwarna putih, nampaknya trend putih sedang naik daun. kebetulan ada toyota yaris putih terhitung masih baru sedang mampir, ya sekalian diamati pernik-perniknya deh, hehehe…

unit yang diamati tersebut adalah toyota new yaris tipe j bertransmisi manual rakitan tahun 2011, berwarna super white.

di seputaran exterior, warna putih sangat dominan, termasuk warna spion samping dan spoiler belakang, dikombinasi warna hitam di sekeliling kaca-kaca dan sedikit nuansa chrome pada grille dan foglamp depan.
warna standar velg 15 inchi berpalang 8 adalah warna silver dan mika lampu bening di depan pada headlamp dan belakang pada lampu stop.
spion samping dilengkapi dengan lampu sein, dan di atap belakang terdapat antena pendek dan spoiler belakang dengan lampu rem tambahan terpasang di tengah sisi bawah spoiler tersebut.
ban bawaan standar pabrik menggunakan ukuran 185/60/r15 oem dunlop sp2030.
keempat roda dilengkapi dengan per keong, dan untuk pengereman dilengkapi dengan rem cakram di roda depan dan rem tromol / drum di roda belakang, tidak terdapat fasilitas abs dan ebd pada tipe j.

di balik kap mesin depan terdapat mesin bertipe 1nz-fe, 4 silinder 16 katup dohc vvt-i berkapasitas 1497 cc, berpenggerak roda depan dilengkapi dengan transmisi manual 5 tingkat percepatan.

begitu memasuki kabin yaris tersebut, nuansa gelap langsung menyergap, berlawanan dengan bagian exterior yang dominan berwarna terang.
seputaran kabin berwarna gelap dengan beberapa kombinasi warna terang seperti pada pilar kabin dan handle bar pada keempat pintunya.
bagian dashboard berwarna karbon dengan kombinasi warna silver di bagian tengah dashboard, tempat adanya sejumlah besar kontrol seperti kontrol penyejuk udara, head unit dan meter cluster ( speedometer dan tachometer dll ) pada bagian atasnya, menganut model center facia.

ketiadaan airbag dimanfaatkan dengan membuat tempatnya menjadi tambahan glove box di bagian kiri atas dashboard, menambah jumlah glove box selain di bagian kiri bawah dan di kanan atas dashboard. titik-titik penyimpanan seperti cup holder terhitung cukup banyak di seputaran kabinnya.
keempat pintu dilengkapi dengan power window dan automatic central lock.
khusus pada jok pengemudi ditambah dengan pengatur ketinggian jok secara manual.
untuk tipe j ini, masih menggunakan model starter standar dengan anak kunci, belum menggunakan tombol start / stop seperti di model teratasnya.

impresi pengendaraan adalah cukup oke, tarikan awal cukup responsif dengan peredaman suspensi sedikit agak keras ( mungkin karena tekanan ban agak tinggi ).
dalam pemakaian sehari-hari, menurut informasi dari sang pemilik, konsumsi rata-rata untuk penggunaan dalam kota berada di kisaran 12 km / liter dan untuk penggunaan luar kota / jarak jauh berkisar di angka 15 km / liter.

info spesifikasi dari website atpm toyota di indonesia bisa didownload lewat link sbb
http://blog.amzas.com/wp-content/uploads/2011/04/yaris-leaflet-per-110428.pdf
atau
http://blog.amzas.com/wp-content/uploads/2011/04/flyer-yaris-sportivo-trd-juni-2010-per-110428.pdf

demikian sedikit pengamatan terhadap toyota yaris tersebut, mudah-mudahan tambahan foto-foto bisa memberikan gambaran lebih detail…

trims…

note :
terima kasih kepada bapak johan atas izin mereview toyota yarisnya…
 

This entry was posted in Otomotif, Toyota and tagged , , , , . Bookmark the permalink.