all new picanto merah pedas enhance audio – 31 maret 2013

This slideshow requires JavaScript.

kali ini penulis ingin mengetengahkan sedikit catatan hasil pengamatan mengikuti proses enhancement sistem audio pada si merah pedas all new picanto.

tujuan enhancement tersebut adalah untuk sedikit lebih mengoptimalkan keluaran suara dari sistem audio standarnya, dengan menambahkan sejumlah perangkat audio aftermarket, supaya bisa sedikit lebih bertenaga outputnya, dengan kelas kualitas audio entry level untuk pemakaian normal sehari-hari dengan biaya relatif terjangkau, bukan untuk kelas audiophile atau kontes.

headunit standar dirasa masih cukup oke, fitur-fitur standarnya masih applicable untuk pemakaian sehari-hari, jadi tidak diganti.
sepasang speaker standar bagian depan diganti dengan sepasang 2way speaker coaxial 4 inchi, sedangkan speaker di pintu belakang masih tetap standar.
crossover bawaan speaker coaxial disimpan di bawah dashboard depan kiri.

untuk memperkuat keluaran suara, ditambahkan sebuah power amplifier 4 kanal, 2 kanal untuk men-drive speaker depan dan 2 kanal dialokasikan untuk men-drive sebuah subwoofer berukuran 10 inchi. sepasang speaker di pintu penumpang belakang di-drive langsung dari headunit.
power amplifier diposisikan di kolong jok penumpang depan, konsekuensinya harus menyingkirkan laci penyimpan bawaan standar mobil di kolong jok penumpang depan tersebut.

box subwoofer portable ditempatkan di bagasi belakang, dengan instalasi kabel menggunakan soket. tujuannya adalah untuk kepraktisan seandainya suatu saat memerlukan space bagasi tersebut untuk membawa barang atau untuk mengambil ban serep, cukup melepaskan soket dan box subwoofer tersebut bisa diangkat.
untuk sedikit meredam getaran yang muncul, pada pintu bagasi dilapisi peredam berbahan aspal sebanyak 2 lembar.

perangkat audio tambahan adalah sebagai berikut :
– 1 unit power amplifier merk skeleton tipe skt-4108
– 1 pasang 2way coaxial speaker berukuran 4 inchi merk sony tipe xs-gtf1027
– 1 unit portable subwoofer box pasif berukuran 10 inchi merk rodek

setelah instalasi beres dan parameter headunit diset ulang, output audio yang dihasilkan sistem audio tersebut dirasa cukup bertenaga, lumayanlah untuk sekedar memutar lagu berformat mp3 atau mendengarkan siaran radio sambil menikmati kemacetan di jakarta.

demikian sedikit catatan yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat…

trims…

note :

si titan all new picanto enhance audio – 09 november 2012
http://blog.amzas.com/2014/01/10/si-titan-all-new-picanto-enhance-audio-09-november-2012/

This entry was posted in Kia, Kia Picanto, Otomotif and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

1 Response to all new picanto merah pedas enhance audio – 31 maret 2013

  1. Edwin says:

    Kalo dr sisi harga, total biaya untuk upgrade ini berapa Mas?

    Thx

Comments are closed.