user review – all new sportage jelajah cibubur – jalur selatan jateng – 06 s.d. 09 april 2012

This slideshow requires JavaScript.

kali ini penulis ingin mengetengahkan sebuah review perjalanan yang dilakukan oleh bapak sigit, seorang pemilik kia all new sportage sewaktu mengadakan perjalanan dari kawasan cibubur menuju seputaran kawasan selatan jawa tengah pada long weekend tanggal 06 – 09 april 2012 lalu.

rute yang dijelajahi cukup lengkap, mulai dari jalan tol berlapis aspal, jalan tol beton, jalan raya biasa, bahkan sampai melalui jalur tanjakan dan kelokan menuju perkebunan teh kaligua di paguyangan, kabupaten brebes, jawa tengah.

dengan adanya info perjalanan tersebut, setidaknya bisa memberikan tambahan gambaran mengenai bagaimana kesan dan pengalaman yang dialami oleh sang pemilik selama menempuh +- 1000 km pp bersama kia all new sportage-nya.

terima kasih kepada bapak sigit, anggota id-sportage, yang berkenan menyampaikan reviewnya dan mengizinkan review tersebut ditampilkan di blog ini.
review awal dikirimkan beliau ke mailing list milik id-sportage, dan ada tambahan review khusus bagi penulisan ini.

demikian, semoga bermanfaat…

****************************************************************
info dari milis per 19 april 2012
From: Sigit Priambodo
To: [email protected]
Sent: Thursday, April 19, 2012 5:36 PM
Subject: [IDS] Review Kecil hasil Mudik dengan ANS
Dear Oms IDS,

Sekedar share sedikit user review dari hasil perjalanan mudik plus liburan di Long weekend yang lalu:

1. Rute Perjalanan:
Day 1 : Cibubur-Purbalingga, via Cipularang dan jalur Selatan Jawa Barat dan Jateng
Day 2: Local Travel Purbalingga-Purwokerto
Day 3: Purwokerto-PTPN IX Kebun Kaligua, Paguyangan Brebes, ketinggian 2,050 m dpl
Day 4: Kaligua-Cibubur, via Wangon dan Jalur Selatan.
Total Trip : +/- 1,000 km

2. Review Performance:
Downside:
a. Ruang bagasi ANS ternyata sangat terbatas, untuk trip 4 hari dengan 5 penumpang (4 dewasa, 1 anak), hampir tiada ruang sisa lagi. Dan pastinya untuk kegiatan mudik yang melibatkan pembelian banyak oleh-oleh, kondisi ini bukan yang paling ideal.
b. Kualitas Cushion untuk Jok Orisinal nya tidak cukup empuk dan nyaman untuk perjalanan jauh, sangat terasa di driver’s seat. Hal ini beda sekali kalau saya bandingkan saat saya menempuh rute yang sama dengan Camry saya yang keluaran 2003. Selain itu juga mungkin pengaruh suspensi ANS yang masih cukup keras bantingannya. Saya tidak punya pembanding dengan SUV lain, tapi kalau dengan Camry, pastinya jauh.

Upside:
a. Penggunaan ban orisinal dengan Velg 17″, rasanya sudah paling tepat untuk perjalanan luar kota yang masih banyak menemui jalan rusak. Beberapa kalai saya menghajar lubang dengan agak keras, tetapi handling dan kondisi kaki-kaki ANS masih bisa menghandle dengan baik.
b. Akselerasi ANS cukup mumpuni terutama dalam melahap tanjakan2 jalur Selatan yang terkenal cukup curam dan berkelok2. Saya hanya satu kali menggunakan mode Steptronic nya, saat di jalur selatan, itu karena ditengah perjalanan nanjak terhambat tiba-tiba oleh Truk yang berhenti. Selebihnya, mode Drive dengan kinck down yang cukup, bisa menghandle semua tanjakan dengan baik.
c. Ratio gear juga sepertinya ikut menyesuaikan pola mengemudi, saya perhatikan saat di jalan menanjak atau saat akan menyalip dengan mode Drive, setelah kick down, operan gigi terjadi pada RPM yang lebih tinggi (+/- 2,500-3,000 rpm), dibandingkan saat jalan datar dan lurus yang rata2 Rpm tidak lebih dari 2,000rpm.
d. Perjalanan menanjak ke Kebun Teh Kaligua yang jauh lebih curam dari jalur Puncak pun dilakukan dengan lancar… mode Steptronic sangat menmbantu disini untuk menjaga torsi dan tenaga, serta dalam perjalanan turun yang cukup curam serta perlu Engine Brake yang cukup.
c. Konsumsi bahan bakar (Pertamax) cukup reasonable untuk jalur Selatan. Selama di Tol Cipularang bisa mencapai rekor 8.4L/100km, selama perjalanan naik ke 11L/100km. Untuk di jalur utara seharusnya bisa dapat MPG yang lebih baik.

demikian sedikit sharing dan review amatir saya sebagai pengguna ANS, semoga bermanfaat buat referensi.
Salam,
Sigit
B272SGT

****************************************************************
tambahan review per 23 april 2012

Untuk tambahan review sbb:

1. Kondisi jalan, 90% baik, kerusakan cukup sporadis ada di perbatasan Jabar-Jateng, mulai Kebun Karet sampai dengan Majenang. Beberapa kali saya sempat “menghajar” lubang yang memang posisinya serba tanggung dan sporadis, tetapi suspensi dan ban standar ANS cukup bisa meredam dengan baik. Penggunaan ban Spek 225/60/17, sepertinya memang sudah cocok buat trip luar kota ANS, pemakaian Ring Velg yang lebih besar akan mengharuskan penggunaan ban yg lebih tipis yang akibatnya bisa mengorbankan kenyamanan.Mungkin berbeda untuk trip dalam kota yang tidak banyak bertemu kondisi jalan rusak.

2. ANS menurut saya cukup jempol dalam hal kualitas sound proofing, terbukti sepanjang perjalanan, baik di jalan tol dengan kecepatan sekitar 120 kph maupun saat menanjak yang memberikan beban putaran tinggi pada mesin, kabin ANS masih cukup senyap, saya dan keluarga bisa mendengar suara musik dengan tanpa perlu memperbesar volume dan kami dapat berkomunikasi normal tanpa berteriak.

3. Yang memang menurut saya kurang nyaman adalah kualitas jok terutama buat driver dan penumpang depan, ditambah suspensi yang masih cukup kaku, sehingga tubuh masih bergoyang reggae saat melewati jalan yang bergelombang. Saya tidak punya pengalaman dengan SUV seangkatannya, jadi tidak bisa memberi penilaian pembanding.

4. Respon mesin cukup baik, teknologi Dual VVTI KIA sepertinya memang didesain untuk perjalanan jauh dan kecepatan yang konstan, karena konsumsi BBM sangat ekonomis sekali saat trip kemarin. Tetapi ketika dibawa day to day di Jakarta…. konsumsi BBM masih di kisaran 1 ltr/ 7.6-8.5 km. Agak berat buat harga Pertamax yang semakin naik… hiks ….

demikian sedikit tambahannya Pak..
Salam,
Sigit

****************************************************************

This entry was posted in Kia, Kia Sportage, Otomotif and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to user review – all new sportage jelajah cibubur – jalur selatan jateng – 06 s.d. 09 april 2012

  1. Edwin Agustinus says:

    Info yang menarik Mas.

  2. Thanks Pak Arwan sdh berbagi cerita perjalanan singkat saya dgn ANS…..

    • amzas says:

      selamat malam pak,

      trims ya pak sudah mampir…
      dan trims banyak berkenan berbagi pengalaman selama menggunakan all new sportage-nya, ditunggu update info selanjutnya ya pak…

      r1

  3. Yura says:

    ..pengen ganti emblem KIA kayak punya pak Sigit 🙂
    Dimana dapetnya pak?

Comments are closed.