penggantian klakson mitsubishi pajero sport 2wd exceed at 2011 – 17 april 2011

This slideshow requires JavaScript.

karena kurang sreg dengan suara klakson standar yang terpasang di pajero sportnya, akhirnya sang owner mengganti klakson standar dengan klakson hella twintone black newgen.

klakson standar berjumlah 2 buah, terpasang di 2 titik di balik grille, 1 titik di sebelah kiri batok headlamp kanan, 1 titik lagi persis di tengah di belakang logo mitsubishi.

setelah penggantian ini, kedua klakson standar dijadikan satu di titik sebelah kanan dan soket terminalnya dinonaktifkan, kemudian titik di tengah digunakan sebagai dudukan kedua klakson penggantinya.

karena bentuk soket terminal standar agak khusus, di titik tengah dibuatkan bypass agar bisa dibuatkan soket terminal untuk kedua klakson pengganti.

relay bawaan klakson pengganti dipasang di dekat aki di ruang mesin sebelah kiri. pemasangan rangkaian klakson pengganti dan relaynya sesuai dengan skema yang ada di gambar terlampir, pada packing klakson pengganti pun dilengkapi informasi skema rangkaiannya, jadi tinggal diikuti saja petunjuknya.

untuk membuka grille pajero sport tersebut, pertama harus membuka 4 baut pengikatnya yang ada di bagian atas grille menempel pada rangka di depan radiator. dan untuk melepas karet pelapis di bagian atas grille, hati-hati karena ada 1 pengait ke rangka persis di atas logo mitsubishi.
kemudian setelah itu bisa melepaskan pengait-pengait lain di bagian kanan kiri dan bawah grille.

setelah pengkabelan, pengencangan dudukan dan testing dianggap oke, grille kembali dipasang ditempatnya, dan suara klakson menjadi lebih mantap…

demikian informasi penggantian klakson tersebut, mudah-mudahan bermanfaat…

trims…

note :
gambar rangkaian pengkabelan klakson diambil dari
http://www.rallylights.com/hella/HornWiring.aspx

This entry was posted in Mitsubishi, Otomotif and tagged , , , . Bookmark the permalink.

1 Response to penggantian klakson mitsubishi pajero sport 2wd exceed at 2011 – 17 april 2011

  1. Pingback: personal review pajero sport 2wd exceed at 2011 - pernik-perniknya - 10 mar 2011

Comments are closed.