personal review kia all new rio 2011 – 04 desember 2011

This slideshow requires JavaScript.

hari minggu, 04 desember 2011, penulis berkesempatan mereview kia all new rio rakitan 2011 yang menggantikan generasi kia pride ( pride dan new pride ) yang sebelumnya sudah beredar di pasaran indonesia, dengan penyegaran yang terhitung signifikan baik di bagian body maupun pada dapur pacunya.

bagian exterior menggunakan pola 1 warna di seputar badan mobil dengan sedikit kombinasi warna hitam dan silver pada area foglamp, emblem dan grille.
pilihan warna lumayan banyak, ada 7 warna, yaitu white, bright silver, fresh beige, black, signal red, platinum graphite dan wendy brown.
sedikit catatan untuk warna, ada sedikit keunikan pada warna wendy brown, apabila berada di tempat terang warna ( siang hari ) terlihat coklat dengan jelas, namun di kondisi kurang terang, warna menjadi terlihat gelap hampir seperti warna hitam.
grille juga sudah menggunakan pola yang memang menjadi penanda bagi kia, yaitu ‘tiger nose’ grille.
garis-garis body all new rio terasa lebih sporty dibandingkan dengan pride generasi sebelumnya.

dimensi body all new rio sedikit lebih besar daripada dimensi body pada pride generasi sebelumnya.

pada titik penerangan luar, dilengkapi dengan halogen headlamp dan projection foglamp, plus lampu sein yang terpasang pada spion samping.

pada bagian roda, unit tersebut menggunakan velg alloy standar dan ban oem berukuran 185/65/r15. ban oem yang terpasang pada unit yang direview adalah ban forceum d650.
sebagai ban cadangan, menggunakan ban serep yang berukuran sama persis dengan keempat ban lainnya.

keempat pintu sudah dilengkapi power window dan spion samping dilengkapi perangkat electric and retractable mirror.

memasuki bagian interior, warna kabin adalah menggunakan duo tone colors, kombinasi warna terang ( beige ) dan gelap di seputaran kabin, dengan warna silver bagian bawah lingkar setir.

pada bagian meter cluster ( area speedometer, tachometer dan petunjuk lain ), menggunakan gaya yang sekarang sedang trendy, dan iluminasi cahayanya terlihat cukup terang dan jelas sewaktu keadaan gelap.

headunit merupakan tipe double din merk jvc bertipe kw-xr816, yang mampu menyajikan keluaran audio dari radio fm/am dan cd berisi mp3/wma/cda serta bisa menerima koneksi ipod, usb dan bluetooth, dan dilengkapi dengan 4 speaker di keempat pintu dan 2 tweeter dipasang di pilar a.

untuk mesin, all new rio menggunakan mesin gamma terbaru 1.4 l ( 1396 cc tepatnya ), cvvt dohc, yang mampu menghasilkan tenaga 107 ps @ 6300 rpm dan torsi 13.8 kgm @ 4200 rpm, dengan pilihan transmisi manual 6 speed atau otomatis 4 speed shiftronic.

untuk pengereman, menggunakan rem cakram untuk roda depan dan rem tromol untuk roda belakang, dan untuk menambah keamanan, all new rio dilengkapi perangkat abs, airbag di bagian pengemudi, parking sensor dan safety window ( jendela otomatis turun bila ada yang menghalangi ), dan juga ditambah keyless entry with burglar alarm.

untuk membantu pengendalian, all new rio sudah dilengkapi dengan motor driven power steering, dimana pada generasi sebelumnya ( pride dan new pride ) masih menggunakan hydraulic power steering.

mengenai konsumsi bbm, penulis belum bisa menginformasikan karena hanya sempat melakukan test drive di area terbatas.
impresi yang didapat sewaktu melakukan test drive adalah kabin terhitung senyap dan putaran setir yang lebih ringan, tentunya dibandingkan dengan pride generasi sebelumnya.

demikian informasi hasil pengamatan pada kia all new rio tersebut, tambahan foto-foto dan informasi pada link di bawah ini diharapkan bisa memberikan gambaran mengenai kendaraan tersebut.

trims…

note :

terima kasih kepada bpk ridjal mulyadi atas izinnya mereview kia all new rio di acara test drive ‘kia on tour 2011’

info mengenai kia all new rio di media internet lainnya sbb :
http://www.kiamotors.com/vehicles/rio/default.aspx
http://blog.amzas.com/wp-content/uploads/2011/12/kia-all-new-rio-e-catalog-from-kia-motors-global-per-111204.pdf
http://en.wikipedia.org/wiki/Kia_Rio
http://otomotif.kompas.com/read/2011/11/30/19055317/Kia.AllNew.Rio..Indikator.Kualitas.Baru.Korea.Bagian.1
http://otomotif.kompas.com/read/2011/11/30/19172223/Kia.All-New.Rio.Indikator.Kualitas.Baru.Korea.Bagian.2
http://ototest.otomotifnet.com/read/2011/11/30/325915/49/6/First-Drive-KIA-All-New-Rio-Transmisi-Otomatis-Penantang-Baru-Honda-Jazz
http://autos.okezone.com/read/2011/11/30/52/535974/kesenyapan-kabin-all-new-kia-rio
http://www.republika.co.id/berita/otomotif/mobil/11/10/27/ltoezf-kia-all-new-rio-sudah-mendarat-di-indonesia
http://otomotif.sportku.com/berita/news/atpm/8283-kia-mobil-indonesia-ajak-media-cicipi-ketangguhan-all-new-rio
http://otomotif.bosmobil.com/berita/Car_Review-17/Cicip_Hatchback_Stylish_Korea__Kia_All_New_Rio-3098.html

This entry was posted in Kia, Kia Pride Rio, Otomotif and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to personal review kia all new rio 2011 – 04 desember 2011

  1. Pingback: personal review kia all new rio 2011 - 04 desember 2011

  2. rahmat says:

    pak amzas bagaimana dengan layanan purna jual KIA di indonesia (tepatnya jakarta)? mekanik, ketersediaan fast moving spare part, dsb.
    terima kasih.

    • amzas says:

      berdasarkan pengalaman selama ini, so far untuk layanan purna jual spt servis rutin, ketersediaan sparepart dll saya kira masih umum-umum saja ya pak.
      kalau saya sih selama ini terus berkomunikasi secara intens baik dengan sesama pengguna kendaraan kia ( via komunitas ) dan juga dengan bengkel resmi, sehingga bisa diprediksikan kira-kira bakal butuh komponen apa, dan sebisa mungkin bisa menyiapkannya sebelum digunakan, jadi pihak terkait bisa saling mempersiapkan kebutuhannya kira-kira apa.
      memang untuk jumlah bengkel resmi belum sebanyak yang dimiliki merk lain utamanya merk jepang, tapi kalau untuk area jakarta saya kira di tiap area ( barat, timur, utara, pusat dan bodetabek ), ada perwakilan bengkel resminya.

      demikian sekedar pendapat pribadi ya…

      trims…

      r1

      ________________________________

  3. Gunawan says:

    saya baru beli pride mei 2011 kmrn… sekarang sudah ngiler dengan rio 2012…
    pak, ada komentar tentang akselerasi rio ini? apakah jauh lebih baik dibandingkan dengan pride 2010?
    thx

    • amzas says:

      selamat pagi pak gunawan,
      sama pak, frankly, saya tertarik juga dengan all new rio, utamanya modelnya ya, tapi untuk sementara waktu, seperti halnya lagunya d’masiv yang judulnya ‘jangan menyerah’, jadi saya ‘syukuri apa yang ada’, hehehe…
      mengenai akselerasi all new rio dibandingkan dengan new pride 2010, berhubung saya baru sempat mencoba dalam test drive saja, hanya mengitari jalanan sekitaran mall waktu itu, secara detail belum bisa saya sampaikan ya pak, tapi kalau sekilas pengamatan, utamanya sewaktu injakan gas pertama, saya rasa ada sedikit lebih baik ya akselerasi awalnya dibandingkan dengan new pride 2010, karena dari tenaganya saja ada peningkatan, dari new pride 2010 hanya 97 ps, untuk all new rio bisa 107 ps, plus menggunakan motor driven power steering, jadi beban mesin relatif berkurang ya, tentunya ada imbas-lah buat tarikannya.
      tapi tentunya ini baru pengamatan sekilas ya pak, sedang menunggu kesempatan bisa mencoba dengan jarak yang lebih jauh sih, hehehe…

      trims…

      r1

      ________________________________

  4. prio says:

    Selamat siang pak, mungkin anda bisa jalan-jalan di komunitas All New Rio Kaskus. Disana ada pemilik Rio yang saling share mengenai mobil ini. Kebetulan saya juga pemilik All New Rio Silver M/T.

    http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=11167213

    Mobil All New Rio sebetulnya bagus, tetapi terkendala oleh masalah di mesin yaitu timbul knocking/ngelitik, dan hal ini sudah terbukti di indonesia dan philipina (New Accent / Grand Avega yang memiliki mesin sama).

    Di Hyundai Grand Avega, permasalahan ini diakui oleh pemiliknya sudah tidak ada lagi, karena sudah di update ECU nya oleh pihak HMI. Tetapi di All New Rio sampai dengan saat ini belum ada penyelesaian dari pihak KMI. Nah, mungkin inilah yang menjadikan pembeda antara Hyundai dengan KIA di Indonesia.

    Salam,

    Prio Sapto Utomo @ ROCKS

    • amzas says:

      salam kenal juga pak, dan salam mendoan, hehehe…
      mengenai thread all new rio di kaskus, saya juga monitor kok pak, ada posting beberapa kali juga disana…
      kalau yang dari saya baca di thread tsb, khususnya mengenai soal knocking di mobil bapak, imho, bukannya sudah/sedang ditangani oleh bengkel resminya pak ? cmiiw ya pak barangkali saya telat update berita terakhirnya…

      trims sudah mampir…

      r1

Comments are closed.