pica goes to korea – day 7 – 09 november 2013

This slideshow requires JavaScript.

hari ini adalah saat terakhir rombongan pica goes to korea ( pgk ) berada di kota seoul, korea selatan, karena rombongan pgk harus kembali bertolak ke jakarta.
lebih kurang pukul 06:00 pagi waktu korea, menggunakan transportasi van sewaan, rombongan pgk meninggalkan penginapan untuk menuju incheon international airport. kami harus mengejar waktu check-in penerbangan yang akan mengantar kami pulang ke tanah air karena krisna ( pica 0429 ) harus mengejar jadwal penerbangan maskapai airasia pukul 09:35 pagi sedangkan 5 peserta pgk lainnya harus mengejar jadwal penerbangan maskapai garuda indonesia pukul 10:35 pagi waktu korea.

begitu tiba di incheon international airport, kami segera melakukan check-in dan memasukkan bagasi bawaan kami. beres check-in kami mampir lebih dahulu di sebuah resto cepat saji untuk makan pagi, setelah itu masuk ke pemeriksaan imigrasi. kemudian krisna ( pica 0429 ) memisahkan diri dari rombongan karena harus menuju gate keberangkatan yang berbeda, sedangkan peserta lainnya menyempatkan waktu untuk membeli sejumlah barang di beberapa toko bebas pajak yang berada di bagian dalam bandara tersebut.
sewaktu kami menunggu di dekat gate keberangkatan, terdengar pengumuman bahwa penerbangan akan mengalami delay karena adanya gangguan cuaca di tengah rute dan penerbangan dijadwal ulang 40 menit lebih lambat dari jadwal awal.
saat duduk menunggu sambil ngobrol-ngobrol, kami menjumpai sejumlah anggota direksi pt. kia mobil indonesia ( pt. kmi ) di gate keberangkatan yang sama, nampaknya kami akan satu pesawat menuju ke jakarta.
kami sempat bertegur sapa dengan sejumlah wakil direksi pt. kmi tersebut, yang ternyata baru mengadakan pertemuan dengan pihak prinsipal kia di seoul.

lebih kurang pukul 11:12 waktu seoul pesawat boeing 777-300er berkode penerbangan ga 879 milik maskapai garuda indonesia yang kami tumpangi, lepas landas meninggalkan incheon international airport menuju soekarno hatta international airport, indonesia.
cuaca sepanjang wilayah udara korea selatan relatif cerah, tetapi begitu memasuki wilayah udara taiwan dan filipina, cuaca berubah menjadi penuh awan dan pesawat kami rasakan sempat beberapa kali bermanuver di antara tebalnya gumpalan awan, nampaknya gangguan cuaca ini yang membuat penerbangan kami harus mundur dari jadwal yang seharusnya.
cuaca sedikit lebih bersahabat begitu memasuki wilayah perairan laut jawa hingga pesawat mendarat di soekarno hatta international airport, banten, indonesia.

beres mengurus bagasi, waktu hampir pukul 18:00 waktu jakarta begitu kami keluar dari gate kedatangan, dan beberapa rekan anggota picanto club indonesia lainnya nampak hadir untuk menjemput salah satu peserta pgk yaitu rosdiana ( pica 0178 ), lalu rombongan pica goes to korea pun berpisah untuk kembali ke kediaman masing-masing.
krisna ( pica 0429 ) yang menggunakan penerbangan lain, tiba di soekarno hatta international airport menjelang tengah malam, karena penerbangan maskapai airasia harus melakukan transit di kuala lumpur lebih dahulu.

semua rangkaian kegiatan selama 7 hari perjalanan rombongan pgk ke kota seoul telah dilaksanakan dan secara umum seluruh kegiatan berjalan dengan lancar dan memberikan pengalaman yang positif bagi semua pihak yang terlibat.

terima kasih kepada kia motors corporation, pt. kia mobil indonesia dan seluruh pihak terkait yang memungkinkan terlaksananya kegiatan tersebut.

sebuah kegiatan yang sangat berkesan bagi kami semua, mantaaappp…

trims…

note:
foto-foto dan komentar lainnya di facebook :

incheon international airport
wikimapia.org : http://wikimapia.org/#lat=37.4650486&lon=126.4421654&z=13&l=0&m=b&search=incheon%20international%20airport
maps.google.com : 37.459598,126.461563

soekarno hatta international airport
wikimapia.org : http://wikimapia.org/#lat=-6.1222921&lon=106.6526127&z=15&l=0&m=b
maps.google.com : -6.118537,106.660938

This entry was posted in Kia, Otomotif, PiCA Goes To Korea, Picanto Club Indonesia ( PiCA ) and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.